Wakili Menpora Dito, Sesmenpora Hadir di Upacara Parade dan Defile Peringatan HUT Ke-78 TNI

Sesmenpora RI Gunawan Suswantoro mewakili Menpora Dito Ariotedjo menghadiri Upacara Parade dan Defile dalam rangka Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023, Kamis (5/10) pagi. (Foto: Kemenpora RI)

Jakarta, serayunusantara.com – Melansir dari laman Kemenpora RI, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Sesmenpora RI) Gunawan Suswantoro mewakili Menpora Dito Ariotedjo menghadiri Upacara Parade dan Defile dalam rangka Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023, Kamis (5/10) pagi. Upacara tahun ini berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta, dengan tema “Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

Dimulai sekira pukul 08.00 WIB, upacara peringatan HUT ke-78 TNI yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini diisi serangkaian parade dan defile. Setelah Presiden memeriksa pasukan, jajaran TNI dari tiga matra yaitu Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut lantas melakukan demonstrasi.

Demonstrasi yang ditunjukkan meliputi fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel. Sejumlah personel dari tiga matra bergantian unjuk kemampuan.

Kemudian ada demonstrasi akrobatik pesawat tempur yang melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara serta kepolisian. Sebanyak 4.630 personel pasukan dan 130 alat utama sistem pertahanan (alutsista) diikutsertakan guna menyukseskan kegiatan ini.

Baca Juga: Pimpinan KPK Johanis Tanak Nilai Program PKPMN Kemenpora Bagus Untuk Mencetak Pemimpin Muda Indonesia

“Alutsista cukup banyak, dan cukup variatif, dan kita harus bangga dengan buatan Pindad, karena itu adalah produksi dalam negeri,” ujar Sesmenpora terkait parade alutsista yang ditampilkan.

“Mudah-mudahan ke depan Pindad bisa lebih maju sehingga bisa menghasilkan alutsista yang lebih maju, lebih canggih, dan lebih akurat,” sambung Sesmenpora.

Lebih lanjut Sesmenpora menyatakan Kemenpora mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 untuk TNI. Harapannya semoga TNI ke depan bisa makin eksis, terus manunggal dengan rakyat, khususnya dalam mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024 dan mengawal ketahanan pangan untuk rakyat Indonesia.

“TNI tetap masih sesuai dengan citranya, berasal dari rakyat dan untuk rakyat. Saya rasa TNI akan tetap terus maju, terus bersatu. Bersatulah TNI dan Polri sehingga rakyat Indonesia ini lebih terlindungi,” tutur Sesmenpora.

Baca Juga: Kemenpora Komitmen Dukung Visi Misi ASEAN Youth for Digital Action

Pada kesempatan itu, Presiden juga menganugerahkan tanda kehormatan kepada prajurit TNI yang mendarmabaktikan diri melebihi dan melampaui panggilan kewajiban dalam pelaksanaan tugas. Sehingga dianggap berjasa besar untuk kemajuan perkembangan dan terwujudnya integrasi TNI.

Peringatan HUT ke-78 TNI ini sendiri berlangsung meriah dan disaksikan masyarakat banyak. Hadir dalam acara ini di antaranya mantan presiden dan wakil presiden RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Marsekal Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta para kepala staf angkatan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *