Kemenpora Dorong Wirausahawan Lokal Melalui Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Sleman

Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Hendro Wicaksono saat memberi Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda di Merapi Merbabu Hotel, Sleman, Yogyakarta, Rabu (8/11). (Foto: Istimewa)

Sleman, serayunusantara.com – Melansir dari laman Kemenpora RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman mengadakan Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda di Merapi Merbabu Hotel, Sleman, Yogyakarta, Rabu (8/11).

Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Hendro Wicaksono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong minat pemuda dalam berwirausaha dan memberikan pemahaman tentang kewirausahaan yang relevan.

“Menurut (Menpora) Mas Dito Ariotedjo, masa depan yang cemerlang ada di tangan wirausaha muda yang mau bermimpi dan bergerak untuk meraihnya,” katanya.

Kuliah wiramuda yang dihadiri 170 peserta secara luring ini mengangkat tema “Kunci Sukses Bangun Usaha di Kota 1000 Candi”. Seluruh peserta yang hadir ini merupakan perwakilan organisasi kepemudaan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Hendro menyampaikan, program tersebut merupakan bagian dari upaya Kemenpora dalam mengembangkan minat wirausaha pemuda. Diharap, para pemuda bisa tumbuh minatnya untuk menjadi wirausaha dan meraih kesuksesan di masa depan.

Baca Juga: Menpora Dito Sebut Kejuaraan Tarkam Kemenpora Jadi Ajang Munculkan Atlet Muda Potensial

“Kalau kita bergerak sesuai dengan mimpi, maka bukan tidak mungkin kita bisa menjadi seperti Nadiem Makarim dan Sandiaga Uno. Dengan begitu, Indonesia Emas 2045 bisa diwujudkan oleh pemimpin muda yang hadir di acara ini,” jelas Hendro.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa memberikan dukungannya untuk kegiatan Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda. Dia menjelaskan bahwa kunci sukses dalam berwirausaha terletak pada kemauan dan semangat individu.

“Kemauan dan semangat harus muncul dari diri sendiri. Pemerintah hanya mendampingi dan mendukung melalui berbagai pelatihan, pendampingan, dan bantuan permodalan,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda pada Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Woro Srihastuti Sulistyaningrum.

Dia bilang bahwa pemuda memiliki potensi, daya juang, semangat, dan kreativitas yang sangat luar biasa. Oleh karenanya, penting untuk mengarahkan dan mendampingi pemuda untuk menumbuhkan minat berwirausaha.

Baca Juga: Menpora Dito Dukung Konferensi Studi Nasional PMKRI Tahun 2023 di Bali

“Peran pemerintah adalah membangun ekosistem kewirausahaannya, bisa dengan membuka pasarnya, akses permodalannya, pemahaman kelembagaan, dan regulasinya. Dan ini yang akan kita perkuat dan sudah dituangkan dalam strategi nasional pengembangan kewirausahaan pemuda, serta Entrepreneur Hub yang digagas oleh Kemenko PMK,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *