Menparekraf Dampingi Presiden Resmikan Sejumlah Pembangunan Fasilitas Penunjang Parekraf IKN

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan sejumlah fasilitas pendukung sektor parekraf di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Foto: Kemenparekraf RI)

Jakarta, serayunusantara.com – Melansir dari laman Kemenparekraf RI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan sejumlah fasilitas pendukung sektor parekraf di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Adapun groundbreaking yang disaksikan Menparekraf Sandiaga pada Rabu (25/9/2024) ini adalah kawasan Delonix Nusantara dan Magnum Resort Nusantara. Sandiaga menuturkan, Delonix Nusantara merupakan investasi dari Delonix Group, jaringan perhotelan asal Tiongkok yang akan membangun kawasan perhotelan, pusat perbelanjaan, dan apartemen di kawasan IKN.

Selain itu, Delonix Group menjadi salah satu pelopor investasi asing yang berkontribusi besar dalam pengembangan IKN. “Delonix adalah salah satu operator terbesar hotel di Tiongkok dengan lebih dari 15.000 kamar dan nilai investasinya mencapai Rp500 miliar,” kata Sandiaga saat ditemui di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu Malam.

 

Sementara, Magnum Resort Nusantara dibangun oleh Magnum Estate International yang berasal dari Rusia dengan nilai investasi mencapai Rp300 miliar dan akan dibangun atas lahan seluas 1,3 hektare. Sandiaga mengatakan, kehadiran investasi asing di kawasan IKN ini diharapkan bisa mengakselerasi pembangunan IKN dan menunjang pengembangan sektor parekraf di sana.

Baca Juga: Menparekraf Tingkatkan Kolaborasi Lintas Sektor Bangkitkan Ekonomi Kreatif Global

“Kita harapkan ini bisa menjadi momentum untuk (mendatangkan) lebih banyak lagi investasi dari luar negeri yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” katanya.

 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengungkapkan kehadiran Delonix Nusantara dan Magnum Resort Nusantara merupakan bagian penting dalam pengembangan kawasan IKN sebagai kota internasional. “Kita harapkan investasi ini akan menunjukkan bahwa peluang investasi yang ada di Ibu Kota Nusantara ini terbuka untuk siapapun karena ini akan menjadi kota global,” ujar Presiden.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *