Membanggakan! Pemkot Blitar Raih Predikat A pada SAKIP Award 2024

Wali Kota Blitar Santoso bersama Menpan RB Abdullah Azwar Anas. (Foto: Pemkot Blitar)

Blitar, serayunusantara.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar berhasil meraih Predikat A atau memuaskan pada SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) AWARD Tahun 2024 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rabu, 2 Oktober 2024.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB), Abdullah Azwar Anas, diterima langsung oleh Wali Kota Blitar, Santoso, di Jakarta.

Wali Kota Blitar, Santoso mengaku bangga dan senang, sebab Kota Blitar bisa mencapai nilai SAKIP dengan angka yang memuaskan. Mengingat, dalam kurun waktu 2017 – 2023 predikat SAKIP yang diraih Kota Blitar masih BB.

“Alhamdulillah, pemerintah daerah di Indonesia yang predikatnya naik, dari BB menjadi A itu hanya dua daerah, yaitu Kab. Tuban dan Kota Blitar,” kata Santoso.

Wali Kota Santoso menunjukkan semangat, komitmen dan kedisiplinan ASN Pemkot Blitar membuahkan hasil yang manis. Dia juga memberikan apresiasi tinggi bagi seluruh OPD yang serius melaksanakan SAKIP sesuai regulasi yang berlaku.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono menambahkan bahwa untuk meraih Predikat A dalam SAKIP tidaklah mudah. Membutuhkan strategi khusus untuk memastikan seluruh OPD mampu menerapkan semua indikator penilaian dengan baik.

“Kemarin itu yang dipromosikan Kemenpan RB ada tiga daerah, tingkat provinsi itu Sumatera Barat, tingkat kabupaten ada Tuban dan tingkat kota itu adalah Kota Blitar. Alhamdulillah Kota Blitar berhasil naik kelas,” tegas Priyo.

Baca Juga: Gelar Seminar Wasbang 2024,Upaya Pemkot Blitar Pertahankan Ideologi Pancasila di Era Transformasi Digital

Penilaian SAKIP mencakup sektor general dan tematik. SAKIP General mencakup sektor pendidikan, kesehatan, tenaga kerja dan sosial. Sedangkan SAKIP Tematik mencakup issue tentang pengentasan kemiskinan, pengendalian inflasi, stunting dan pertumbuhan ekonomi.

SAKIP Award Tahun 2024 mengusung tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas untuk Indonesia Maju”. Agenda ini merupakan ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada instansi dengan hasil evaluasi penilaian SAKIP terbaik di tahun 2024.

Kegiatan itu menjadi wadah sharing knowledge, dan pembelajaran interaktif antar instansi pemerintah melalui pelaksanaan peer teaching oleh pemerintah daerah best practice SAKIP.

“Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi jajaran di Pemerintah Kota Blitar untuk terus meningkatkan akuntabilitas kinerja, sehingga efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dapat berdampak signifikan dalam penyelesaian isu-isu strategis daerah,” kata Priyo. (adv/kmf/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *