Upaya DKPP Bantu Irigasi Petani di Kabupaten Blitar

Kabid Prasarana DKPP Kabupaten Blitar, Mat Safi’i. (Foto: Ahmad Zunaedi/Serayu Nusantara)

Blitar, serayunusantara.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Blitar terus berupaya membantu petani dalam memperlancar saluran irigasi yang digunakan oleh petani.

Kepala Bidang (Kabid) Prasarana DKPP Kabupaten Blitar, Mat Safi’i mengatakan, irigasi merupakan kebutuhan mutlak bagi para petani untuk mencukupi kebutuhan air bagi tanaman.

“Maka kami terus mengupayakan berupa pembangunan irigasi tersier, yakni irigasi yang langsung mengairi ke sawah. Itu yang menjadi bagian dari tugas kami di Dinas Pertanian,” katanya, Sabtu (15/4/2023).

Menurutnya, tahun 2023 ini hampir semua kecamatan di Kabupaten Blitar bakal mendapatkan pembangunan saluran irigasi tersier. Baik yang pendanaannya berasal dari pemerintah pusat dan daerah.

“Jadi memang ini menjadi salah fokus kami untuk membantu petani di Kabupaten Blitar agar hasil panen komoditi pertanian juga bisa maksimal,” lanjutnya.

Baca Juga: Cara DKPP Kabupaten Blitar Bantu Atasi Stunting Lewat Padi Nutrisi

Lebih lanjut, Mat Safi’i menyebut, untuk saluran irigasi primer dan sekunder juga telah dibantu dibangun oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang lain. Sehingga setiap saluran irigasi bisa terintegrasi.

“Jadi untuk saluran irigasi tertentu yang sekunder dan primer yang dikerjakan oleh Dinas PUPR. Ini bisa membantu kami untuk membantu para petani,” tandasnya.

Terakhir, Mat Safi’i berharap petani di Kabupaten Blitar bisa memanfaatkan dengan baik saluran irigasi yang sudah dibangun oleh DKPP Kabupaten Blitar. (adv/Jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *