Kemenkes Gandeng Merry Riana Untuk Promosi Kesehatan

Sekretaris Jenderal Kemenkes dan Direktur Utama PT Merry Riana Indonesia Alva Christopher Tjenderasa menandatangani MoU di Kantor Kemenkes, Jakarta. (Foto: Kemenkes RI)

Jakarta, serayunusantara.com – Melansir dari laman Kemenkes RI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terus menggiatkan berbagai promosi kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran sekaligus menjaga masyarakat Indonesia agar tetap hidup sehat.

Promosi kesehatan ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform baik digital maupun konvensional.

Untuk memperluas jangkauan program promosi kesehatan, Kemenkes menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Merry Riana Group. Kerja sama kedua pihak ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes dan Direktur Utama PT Merry Riana Indonesia Alva Christopher Tjenderasa di Kantor Kemenkes, Jakarta, pada Selasa (30/7).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam sambutannya, mengatakan, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam hal melakukan promosi kesehatan. Ia menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan agar mendapatkan hasil yang optimal.

“Kita membutuhkan media untuk bantu (promosi kesehatan), tapi kita juga membutuhkan channel-channel lain untuk melengkapi bagaimana kita bisa melakukan penyampaian pendidikan kesehatan itu. Jadi, terima kasih kepada Merry Riana dan media lain yang sudah membantu ini,” kata Menkes Budi.

Baca Juga: Cegah Fraud, Kemenkes Bentuk Tim Pencegahan

Menkes Budi menambahkan, kolaborasi dengan Merry Riana diharapkan dapat membuat langkah maju serta kreatif dalam meningkatkan literasi kesehatan kepada lebih dari 280 juta masyarakat Indonesia. Ia pun menyadari bahwa hal tersebut tidak mudah karena setiap anggota masyarakat memiliki tingkat literasi yang berbeda.

Namun, dengan memahami kebutuhan dan keinginan masyarakat, ia optimistis kerja sama ini mampu meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia tentang pentingnya menjaga kesehatan, sehingga masyarakat dapat terhindar dari penyakit jantung, stroke, dan kanker, yang merupakan penyakit penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

Ada 4 ruang lingkup kerja sama yang termuat dalam MoU antara Kemenkes dan Merry Riana, yakni penetapan, sosialisasi, dan pelaksanaan Duta Kesehatan; penyebarluasan informasi dan edukasi; peningkatan kapasitas sumber daya manusia kesehatan; pengembangan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat melalui co-branding; serta bidang kesehatan lainnya yang disepakati bersama. Durasi kerja sama ini adalah selama 3 tahun, terhitung mulai 25 Juni 2024 hingga 25 Juni 2027.

Pada kesempatan yang sama, founder Merry Riana Group Merry Riana menjelaskan, proses penjajakan kerja sama dengan Kemenkes sebenarnya telah dimulai sejak November tahun lalu. Sejak saat itu, komunikasi antara kedua pihak terus berlanjut hingga akhirnya kolaborasi penting ini dapat diresmikan hari ini.

“Saya merasa sangat terhormat dapat berkolaborasi dengan Kemenkes dan berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia yang lebih sehat melalui penyebarluasan informasi dan edukasi serta pelaksanaan duta kesehatan,” ucapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *