Wamenkeu II Dorong Peran Regional dan Local Expert Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono dalam Seminar Ekonomi yang merupakan rangkaian Regional Chief Economist Forum tahun 2024 di Serang, Banten. (Foto: Kemenkeu RI)

Jakarta, serayunusantara.com – Melansir dari laman Kemenkeu RI, Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono mendorong peran regional dan local expert dalam meningkatkan perekonomian daerah. Menurutnya, sumber pertumbuhan ekonomi dan pemangku kepentingan kebijakan juga ada di daerah. Untuk itu, Kementerian Keuangan memberikan perhatian lebih dan khusus kepada pengembangan ekonomi regional melalui kolaborasi di daerah oleh para regional serta local expert.

“Hal ini guna menajamkan penyusunan kebijakan di daerah, termasuk di antaranya melakukan monitoring rutin perkembangan ekonomi daerah, menganalisis kebijakan pusat terhadap dinamika ekonomi daerah, menjaga kesehatan dan keselarasan kebijakan pusat dan daerah, serta mengkomunikasikan kebijakan strategis pemerintah pusat kepada pemangku kepentingan daerah.” ujar Wamenkeu II dalam Seminar Ekonomi yang merupakan rangkaian Regional Chief Economist Forum tahun 2024 di Serang, Banten pada Rabu (7/8).

Ia mengungkapkan, analisis regional di daerah menjadi salah satu faktor utama penyusunan kebijakan di tingkat pusat. “Di sinilah tugas dan peran strategis regional chief economist Kementerian Keuangan, yaitu mengetahui, mengidentifikasi, dan menganalisa dampak kebijakan terhadap perekonomian daerah. Regional chief economist harus dapat mengidentifikasi hal-hal yang penting di daerah, memberikan masukan dan saran kepada pemerintah agar #UangKita dapat tepat sasaran,” tambahnya.

Wamenkeu II juga mendorong unit-unit vertikal Kementerian Keuangan di seluruh wilayah Indonesia untuk dapat mengorkestrasi para pemikir di daerah sehingga mampu berkontribusi dalam menyusun analisis perekonomian setempat. “Semakin banyak ahli yang terlibat dalam membaca, memahami, dan menganalisis perekonomian daerah dan APBD, diharapkan dapat membantu penyusunan kebijakan yang lebih tepat untuk perekonomian daerah,” ucap Thomas.

Baca Juga: Ajak Mahasiswa UI Wujudkan Indonesia Emas 2045, Menkeu: Integritas Tidak Dijualbelikan!

Ia berharap, kehadiran Kementerian Keuangan di daerah dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Di antaranya melalui penggalian potensi sumber pertumbuhan ekonomi, penyusunan kebijakan insentif yang tepat, belanja yang berkualitas, serta penyediaan alternatif pembiayaan untuk pembangunan daerah.

Menutup pidatonya, Wamenkeu II pun mengungkapkan apresiasi yang mendalam kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan dan para pemangku kepentingan di daerah yang telah menjaga dan mengawal perekonomian.

“Semoga seminar ekonomi Forum Regional Chief Economist ini dapat terus melanjutkan kontribusi dan peran nyata dalam mendorong perekonomian daerah, untuk mampu mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan,” tutup Thomas.

Turut hadir dalam acara ini Dirjen Perbendaharaan Astera Primanto Bhakti, Dirjen Perimbangan Keuangan Luky Alfirman, para pejabat eselon satu di lingkungan Kementerian Keuangan, Direktur Climate Policy Initiative Tiza Mafira, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional Candra Fajri Ananda, serta para regional dan local expert dari berbagai wilayah Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *